Mobilio Semakin Tertinggal, Apa Kata Honda?

 

 

 

 

Ciberdiari.com – Segmen LMPV (Low Multiple Purpose Vehicle) atau mobil keluarga yang muat hingga tujuh penumpang masih ramai di pasar Indonesia. Hingga saat ini pabrikan otomotif roda empat juga terlihat bersaing untuk merajai segmen ini dengan mendatangkan produk barunya.

Kedatangan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero belum lama ini menjadi salah satunya. Hal tersebut pastinya menggoyang pasar mobil yang sama, misalnya Honda Mobilio.

Pada semester pertama tahun 2018, LMPV Honda Mobilio terlihat tidak sepopuler tahun sebelumnya. Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy.

“Secara retail turun 28 persen, dari 17 ribu unit menjadi 12 ribuan. Makanya kita sesuaikan ke model lain, Brio, CR-V, HR-V, tergantung konsumen mintanya apa,” ungkap  Jonfis di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Pada kesempatan tersebut Jonfis juga mengungkapkan bahwa penurunan Mobilio pada awal tahun 2018 merupakan sesuatu yang wajar. Karena terdapat pergantian tren.

“Segmen itu (LMPV) kan sudah lama kita di sana, sudah 4 tahun. Pemilik mobilnya mungkin sekarang sudah di atas 150 ribu, jadi wajar kalau trennya turun. Kalau konsumen emang sudah nggak terima ya kita nggak bisa paksain,” ujar Jonfis.

“LMPV itu memang ada historinya dan sulit untuk diubah. Tapi kita lihat millenials sekarang, tidak selalu mau mereka membeli mobil bertipe itu dan 7-seater. Makanya segmen HR-V atau LCGC 5 penumpang tiba-tiba booming. Ya, walaupun masih ada generasi tua yang ingin mobil 7-penumpang walau tidak digunakan secara utuh,”  lanjutnya.

Dari analisis tersebut, Honda memaparkan bahwa tidak dapat memastikan strategi apa yang akan dilakukan untuk Honda Mobilio.

“Setiap tahun itu setiap produsen otomotif pasti punya strategi dan tidak mungkin selalu ada produk baru. Maka, ada kalanya kita nendang dan ada kalanya juga kita di kick back. Tapi yang terpenting aftersales service kita kuat sehingga konsumen percaya dan ingin beli. Kita main di semua segmen,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *