Indonesia Akan Segera Berlakukan Standar Emisi Euro4

 

 

 

 

Ciberdiari.com – Indonesia masih tertinggal dari sejumlah negara ASEAN lain seperti Singapura, Thailand dan Malaysia terkait standar emisi. Untuk menyalip ketertinggalannya, Indonesia akan secepatnya menambah dua tingkat dari standar yang berlaku saat ini.

Bila sebelumnya, rata-rata mobil di Indonesia memiliki standar emisi Euro II, maka tidak akan lama lagi akan diberlakukan standar emisi Euro IV.

Yohanes Nangoi sebagai ketua umum asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia Gaikindo mengatakan laporan yang diterimanya menunjuka bila regulasi emisi tersebut akan diberlakukan untuk beberapa bulan ke depan.

“Euro IV bulan Oktober sudah harus jalan. Sesuai dengan peraturan dari Kementerian LHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), sesuai dengan pembicaraan Kementerian Perindustrian,” ungkapnya.

Kemudian bagaimana cara penerapannya? Yohanes juga memberikan deskripsi tahapan-tahapan yang akan diberlakukan.

Pada bulan Oktober, pabrikan otomotif harus sudah menerapkan mobil berstandar emisi Euro IV. Dia juga mengatakan regulasi tersebut baru diberlakukan bagi kendaraan bermesin bensin.

“Otomotif harus menyiapan kendaraan Euro IV ready untuk kendaraan bensin. Jadi pada saat bulan Oktober kendaraan yang dikeluarkan Euro IV,” tuturnya.

Sementara nasib kendaraan yang telah beredar sebelumnya yang amsih memiliki standar Euro II yang ada di Indonesia akan dibiarkan.

“Yang sudah beredar enggak ada masalah,” ujarnya.

Dia mengatakan mobil-mobil itu nantinya akan mengurangi bahan bakar dengan standar emisi baru.

“Jadi begitu beredar (aturan Euro IV dan bahan bakarnya), (mobil lama) diisi dengan bahan bakar Euro IV malah lebih baik. Enggak ada masalah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *