Ini Pentingnya Ganti Oli Dulu Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran

 

 

 

Ciberdiari.com – Mobil yang akan digunakan untuk mudik umumnya dianjurkan untuk masuk ke bengkel terlebih dahulu dan servis ganti oli. Padahal, mungkin saja mobil tersebut belum waktunya untuk ganti oli. Kilometernya masih dibawah jadwal ganti oli.

Meskipun demikian, tetap saja pelumas harus diganti dengan yang baru. Marketing Manager Evalube,  Ivan Rastianto mengungkapkan alasan hal tersebut harus dilakukan.

“Mobil harus ganti oli. Kita bisa lihat saat mudik, biasanya kan macet ya. Kondisi mobil macet, kerjanya lebih berat dibanding mobil ngebut. Kenapa berat, saat macet, tidak ada udara, semua bekerjanya maksimal. Radiator, kipas, oli, semua kerja maksimal. Artinya, oli kerjanya berat,” ungkap Ivan.

Oleh karena itu, dia mengatakan sebelum berangkat melakukan perjalanan mudik maka mobil harus ganti oli terlebih dulu. Seperti halnya ketika akan pulang, sebaiknya oli juga harus diganti bila menginginkan mobil lebih enak ketika dikendarai.

Mengenai waktu penggantian oli yang diluar jadwal, dia mengatakan bahwa jarak kilometer tidak dapat dijadikan patokan karena ketika mudik waktu tempuh perjalanan mobil lebih lama dari waktu yang seharusnya.

“Kalau ngomong kilometer sih belum sampai ya. Misalnya Jakarta-Jogja 600 km, harusnya ditempuh 6-7 jam. Tapi kenyataannya bisa 24 jam. Bayangkan itu. Sama artinya bolak-balik Jakarta-Jogja berapa kali.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *