Mobil Mesin Tengah Legendaris Buatan Jepang, Ini Dia Toyota MR2 Spyder

 

 

 

 

Ciberdiari.com – Beragam varian mobil telah diproduksi dan dipasarkan oleh Toyota. Diantaranya yakni mobil sport legendaris Toyota MR2 yang merupakan mobil dengan mesin tengah pertama dari Toyota.

Toyota MR2 adalah mobil sport legendaris, apalagi model Spyder yang merupakan generasi ketiga yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1999. Model tersebut dijual dengan identitas Toyota MR-S di Jepang, Toyota MR2 Spyder di Amerika Serikat, serta Toyota MR2 Roadster di Eropa.

Prototipe TMR-S sudah keluar pada 1997 di Tokyo Motor Show.

“Pertama, kami menginginkan kenikmatan pengemudi sejati, memadukan pergerakan yang baik, bobot ringan, wheelbase panjang untuk mencapai stabilitas tinggi, dan gaya yang baru. Desain mid engine untuk menciptakan penanganan dan kemudi tanpa beban dengan mesin depan,” ungkap Chief Engineer MR2 Spyder, Harunori Shiratori, ketika itu.

Untuk dapur pacunya, dengan alumunium berkode 1ZZ-FED berkapasitas 1.794 cc inline-four. eperti generasi sebelumnya, mesin tersebut memakai camshafts ganda 16 kjatup. Tenaga disuplai lewat transmisi VVT-i, yang dikenalkan pada MR2 pada 1998.

Dengan mesin tersebut, unit ini dapat menghasilkan daya sampai 138 Tk. Tenaganya memang berkurang dari pendahulunya, tetapi berkat berat bodinya yang lebih ringan, mobil tersebut dapat bergerak lebih cepat.

Mobil tersebt dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dengan waktu 6,8 detik sampai 8,7 detik, tergantung transmisi yang dipakai.

Toyota MR2 Spyder ini diumumkan akan dihentikan penjualannya di Amerika Serikat pada akhir 2005. Penghentian produksi serta penjualan tersebut dikarenakan persaingan model baru serta berkurangnya penjualan. Mobil yang dijuluki  ZZW30 ini terjual sebanyak 7.233 pada debutnya, tetapi pada tahun 2005 hanya terjual sebanyak 901 unit.

Kemudian pada akhir 2005, Toyota MR2 Spyder secara resmi diberhentikan penjualannya di Amerika Serikat dan hanya ditawarkan di negara Jepang, Meksiko serta Eropa sampai benar-benar diberhentikan secara keseluruhan pada 2007 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *