Bukan Hanya VAR, Wasit Piala Dunia 2018 Akan Dibantu Jam Tangan Pintar

Perusahaan jam tangan mewah dari Swiss, Hublot bekerja sama dengan FIFA untuk meluncurkan jam tangan pintar menjelang Piala Dunia 2018. Jam tangan tersebut dikatakan akan memberikan kemudahan bagi tugas wasit.

Nantinya, jam tangan pintar tersebut akan dihubungkan dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR). betdeal.com Pemakaian jam tangan pintar tersebut ditujukan supaya memberikan bantuan terhadap wasit untuk membuat keputusan lebih cepat.

Jam tangan pintar tersebut dinamakan ‘Big Bang Referee’ dan dirancang khusus untuk Piala Dunia 2018. Jam tangan pintar ini dibuat berdasarkan permintaan dari FIFA.

“FIFA menghubungi kami karena menginginkan jam tangan khusus untuk wasit. Mereka meminta kami menciptakan jam khusus untuk membantu wasit saat pertandingan,” tulis Hublot dalam pernyataan resminya.

“Jam tangan khusus wasit itu akan terhubung ke teknologi garis gawang, VAR, dan menentukan apakah bola telah meninggalkan lapangan atau belum,” lanjutnya.

‘Big Bang Referee’ ini dinilai sebagai jalan keluar untuk meminimalisir kontroversi VAR pada Piala Dunia 2018 nanti. Hal tersebut lantaran teknologi itu sering menuai kritikan selama musim 2017-2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *