Manfaat Air Sabun Untuk Atasi Ban Bocor

 

 

 

Ciberdiari.com – Ketika ban motor mengalami bocor, mungkin kalian sempat melihat tukang tambal ban yang memanfaatkan air sabun supaya dapat mengetahui tempat kebocorannya. Air sabun tersebut dipulaskan pada ban dengan perlahan-lahan memakai kuas cat.

Tidak perlu menggunakan sabun khusus, hanya dengan memakai sabun cair atau bisa juga memakai sabun colek dan ditambahkan dengan air.

“Air sabun kan ada busanya. Busa ini kalau kena angin dia akan gelembung. Jadi ketahuan, kalau ada angin keluar, pasti gelembung dan itu tanda ada bocor di ban,”  ungkap Pahri, mekanik Planet Ban, di kawasan Sunter, Minggu (18/3/2018).

Pahri mengatakan metode demikian memang hanya dipakai untuk memeriksa ban luar motor saja. Akan ada perbedaan bila mengecek pada ban bagian dalam.

“Kalau ban dalam, biasanya bannya dipompa dulu terus masukin ke air, itu airnya nggak pakai air sabun,” tuturnya.

Dia juga mengatakan jika mengecek ban bagian dalam, air yang dipakai untuk mengecek juga harus dengan volume yang tidak banyak.

“Biasanya airnya sedikit lalu diputar bannya di air agar sisinya terkena air semua. Nanti keluar gelembung kalau ada yang bocor,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *