China Cetak Penjualan Mobil Listrik Terbesar Di Seluruh Dunia

Ciberdiari.com – Mulainya beredar dengan masuknya mobil listrik yang dikenal dengan mobil yang ramah lingkungan di pasaran semakin hari telah nmenunjukkan peningkatan terkait angka penjualannya di seluruh dunia.

Dilihat dari kuartal ketiga yang terjadi tahun ini, penjualan mobil listrik sudah tercatat naik hingga mencapai 63 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Untuk saat ini yang menguasai angka penjualan untuk mobil listrik sendiri masih dipegang oleh satu negara yakni China.

Dari jumlah keseluruhan penjualan mobil listrik di seluruh dunia, setengah hasil penjualan ada di negara China. Sedangkan pada posisi keduanya yakni di Eropa sementara di tempat ketiga adalah Amerika Utara.

“Pemerintah China yang paling fokus untuk mendorong penjualan mobil listrik. Salah satu alasannya adalah tingkat polusi disana yang sangat tinggi serta China juga ingin produksi mobil listrik lokalnya bisa bersaing dengan merek-merek lain,” ungkap BNEF Analyst Aleksandra O’Donovan.

Pada waktu bersaam pula, pemberian insentif dari pemerintah juga berperan besar meningkatkan penjualan mobil listrik disana. Harga mobil listrik di China 40 persen lebih murah dibandingkan mobil bermesin konvensional.

Berdasarkan data yang dimiliki BNEF, penjualan mobil listrik dan plug-in hybrid diprediksi tembus 1 juta unit tahun ini berbarengan dengan pembangunan infrastruktur pengecasan yang masif, serta daya jelajah mobil listrik kini semakin jauh.

Meski begitu, China saat ini masih mempertimbangkan untuk melarang penjualan mobil berbahan bakar konvensional sementara Prancis dan Inggris telah mengumumkan bakalan melarang mobil ber-BBM pada tahun 2040. Belanda justru lebih ambisius menargetkan pelarangan mobil BBM tahun 2030.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *