Langkah Awal Untuk Sambut Era Kendaraan Ramah Lingkungan

Ciberdiari.com – Terlihat sekali perubahan dan juga perkembangan di seluruh pelosok dunia yang sedang sibuk mempersiapkan menuju kendaraan yang ramah lingkungan. Hal serupa juga sudah mulai terlihat di negara kita sendiri Indonesia.

Saat ini Indonesia sedang disibukkan dengan segudang persiapan yang harus dilakukan untuk menyambut era kendaraan ramah lingkungan. Sebelum secara resmi mobil ramah lingkungan beredar di pasaran, para masyarakat diminta bahkan diwajibkan untuk bisa mengerti dan mau menerima kendaraan ramah lingkungan.

Salah satu caranya yakni dengan membangun electric society (masyarakt yang sudah sadar akan kendaraan elektrifikasi). Pernyataan tersebut dioungkapkan langsung oleh Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

“Community development dulu. Di Jepang itu ada kayak eco town. Eco town itu diperkenalkan ke masyarakat (mengedukasi masyarakat tentang kendaraan listrik) cara ngecasnya gimana, macam-macam lah. Di Jepang semua pertanyaan ngecasnya gimana, berapa lama itu langsung dirasakan dengan praktiknya,” kata Warih di Tokyo, Jepang.

Sebenranya di Indonesia juga bisa dilakukan hal yang serupa dengan di Jepang. Misalnya dengan membentuk sebuah community development. “Jadi di bandara itu yang boleh adalah hybrid sama elektrik. Nanti orang-orang Indonesia yang datang ke bandara akan merasakan keunggulan kendaraan itu, bahwa hybrid dan elektrik itu menarik, senyap, sehingga mereka suka. Atau di kampus dulu, tempat pariwisata itu konkretnya seperti itu. Itu harus di-create agar diterima masyarakat Indonesia,” ujar Warih.

Dengan cara itu, berarti konsumen di Indonesia akan teredukasi akan manfaat dan keuntungan kendaraan ramah lingkungan. Pasar pun dengan sendirinya akan tercipta sehingga mobil ramah lingkungan bisa langsung dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *