Mengintip Crossover Entry-Level Teranyar Hyundai

 

Ciberdiari.com – Hyundai nampaknya akan mulai unjuk gigi dalam persaingan SUV segmen-B. Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah menyiapkan mobil crossover entry-level teranyar mereka yang akan menjadi pesaing Nissan Juke, Honda HR-V dan Mazda CX-3.

Mobil yang rencananya diperkenalkan dalam New York International Auto Show 2017 ini dinamai Kona. Kabarnya.Hyundai sudah meluncurkan dua gambar resmi dari mobil terbaru mereka. Sedangkan pemasaran globalnya masih harus menunggu beberapa tahun lagi.

Mewahnya Hyundai Kona

Desain

Hyundai Kona mengusung desain umum crossover dengan lekukan-lekukan pada bodi mobil yang cukup tegas. Side skirt dan fender bernuansa hitam menghiasi sisi samping yang senada dengan bumper.

Gril depan berbentuk trapesium berukuran besar dengan emblem Hyundai di bagian tengah menambah gagah kesan yang ditampilkan Kona. Mobil ini juga sudah mengusung teknologi LED untuk lampu bawaannya. Front Lamp Hyundai Kona memiliki desain yang tipis, sementara untuk back lampnya memiliki penampang yang lebih lebar.

Sayangnya Hyundai belum merilis gambar resmi mobil. Namun, sebuah spyshot yang dilansir paultan.org menggambarkan bahwa desain dashboard cukup sederhana, namun sudah mengadopsi layar sentuh sebagai pusat kontrol hiburan.

Mesin

Walaupun belum ada pernyataan resmi dari pihak Hyundai, menurut kabar yang beredar, ada dua buah mesin yang akan diusung untuk menjadi dapur pacu mobil ini. Kedua mesin tersebut akan memiliki 6 speed manual transmision serta automatic dual cluth dengan 7 percepatan.

Mesin-mesin tersebut adalah mesin bensin T-GDi turbocharger tiga silinder yang memiliki kapasitas 1.0 liter dan mesin Diesel CRDi turbocharger empat silinder dengan kapasitas 1,6 liter.

Sebetulnya mobil Hyundai Kona ini sendiri bukanlah sebuah mobil baru, melainkan merupakan sebuah inovasi dari mobil konsep yang sudah terlebih dulu diperkenalkan pada tahun 2004 yang lalu. Mobil konsep tersebut lebih dikenal dengan Hyundai Intrado.

Sedangkan platform yang akan diusung oleh Hyundai Kona adalah modifikasi dari Hyundai i20.Model ini diharapkan dapat meraih hati para penggemar mobil di pasar Eropa karena menawarkan bukan hanya keamanan dan teknologi tetapi juga performa yang sudah teruji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *