Jangan Tertipu, Begini Karpet PVC Oil Murni yang Asli

 

Ciberdiari.com Sekarang ini penggunaan karpet bahan PVC coil atau yang kerap disebut ‘karpet mi’marak diaplikasikan sebagai karpet mobil. Sesuai julukannya karpet ini memang berbentuk jalinan bulat-bulat seperti mi. Padahal dahulu, biasanya karpet ini sering kali digunakan sebagai karpet di depan pintu masuk.

Walaupun sama-sama menggunakan bahan pvc coil, tetapi karpet yang digunakan untuk mobil berbeda dengan yang digunakan untuk karpet biasa. Karena karpet yang sering digunakan dalam industri mobil biasanya  dilengkapi Royal Clean Technology dan Nano Care Technology.

Sebelum memutuskan memakai karpet mi sebagai interior mobil Anda, ada baiknya Anda berhati-hati karena sekarang ini banyak dijual karpet daur ulang yang memakai bahan suntikan plastik bekas atau dari bahan plastik bekas yang dengan sedemikian rupa diolah kembali untuk dijadikan karpet.

Perbedaan Karpet Asli dan Daur Ulang

Kadar Ketahanan

Perbedaan utama dari karpet pvc coil murni dengan yang abal-abal adalah ketahanannya. Dengan bahan pvc coil murni yang berkualitas bagus, karpet akan lebih tahan lama, karena pada dasarnya karpet ini susah untuk disobek. Sementara yang daur ulang akan mudah sekali rusak sehingga tidak tahan lama.Warna dari karpet daur ulang juga lebih cepat memudar.

Bau

Karpet yang menggunakan bahan dari plastik bekas akan memiliki bau yang tajam. Apalagi jika terkena panas, maka karpet ini akan mengeluarkan bau yang mengganggu. Untuk itulah karpet mi seperti ini tidak cocok untuk digunakan di dalam ruang tertutup apalagi mobil yang seringkali terpapar sinar matahari karena akan mengganggu pernapasan pengemudi.

Untuk membedakan karpet pvc coil murni dengan daur ulang juga bisa dengan melihat permukaan karpet. Jika kotoran banyak menempel di permukaan berarti karpet yang Anda miliki adalah produk daur ulang, hal ini dikarenakan karpet pvc coil murni akan langsung mengendapkan kotoran di dasar karpet bukan di permukaan.

Perawatan

Karpet asli hanya membutuhkan tenaga yang ringan untuk membersihkannya. Cukup diangkat kemudian dibalik dan ditepuk-tepuk maka dapat merontokkan kotoran yang ada di dasar karpet. Anda juga dapat membersihkannya mengunakan mesin penyedot debu atau mencucinya dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *