Elec City, Bus Listrik Hyundai Siap Rajai Jalanan Tahun Depan

 

Ciberdiari.com – Baru-baru ini, Hyundai memperkenalkan bus listriknya di ajang Hyundai Truck and Bus Mega Fair. Untuk memasarkan bus yang dinamai Elec City ini, pihak Hyundai harus menunggu selama tujuh tahun. Bus yang akan merajai jalanan Korea Selatan ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2010 silam. Namun mengalami kendala produksi dikarenakan harga baterai yang masih tinggi kala itu.

Impian Tujuh Tahun yang Jadi Nyata

Spesifikasi

Tenaga bus listrik ini didapatkan dari motor listrik yang mampu menghasilkan daya sebesar 240 kW yang akan tersimpan dalam baterai polimer lithium-ion 256 kWh. Bus ini mengusung fitur pengisian cepat, sehingga hanya dalam waktu satu jam saja daya dalam baterai yang tertanam sudah dapat terisi penuh dan dapat menempuh perjalanan sepanjang 290 km atau 180 mil.

Dengan ketahanan menempuh perjalanan sejauh itu, bus ini bahkan melampaui ketahanan laju sebuah mobil listrik sebanyak 60 mil per jam. Bodinya yang besar tidak melulu membuatnya menjadi boros dalam bahan bakar. Tentunya ini akan berimbas pada besarnya tarif angkutan yang akan dibebankan kepada pengguna saat menjadi moda transportasi umum kelak.

Elec City merupakan pionir dalam kelas bus listrik yang akan menjadi purwarupa transportasi umum di masa mendatang. Selain fitur kenyamanan yang sudah tidak perlu diragukan lagi, bus ini juga diperlengkapi dengan fasilitas keamanan yang menunjang keselamatan penumpang bus. Desainnya pun dibuat berkelas dan membuat penumpang menikmati sensasi transportasi first class.

Fasilitas human-centered juga ditanamkan dalam bus ini sebagai salah satu fitur unggulan. Fasilitas tersebut adalah Around View Monitoring serta Full Color Digital Cluster. Hal ini menjadikan Elec City sebagai bus yang menawarkan kenyamanan berkendara terbaik di antara pesaing di kelasnya.

Bus ini masih akan mendapatkan beberapa pengembangan serta pembaruan untuk menciptakan bus listrik yang akan menjadi primadona di kalangan pengguna transportasi umum. Rencananya bus ini akan mulai dipasarkan pada tahun 2018 mendatang. Namun belum bisa dipastikan kapan bus ini akan masuk pasar tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *